Selasa, 30 Agustus 2011

9 Tradisi Lebaran di Indonesia

     Assalamualaikum.. Happy Eid-Ul Fitr everyone..... Gak terasa udah 1 bulan kita menjalani Ramadhan... Hari ini kita insyaallah menang. Karena dalam satu bulan kita menahan nafsu yang dapat membatalkan puasa....
   
     Nah kali ini kita akan membahas tentang yang namanya Eid-uL Fitr... Tradisi Lebaran di Indonesia
       
         Yap... Umat muslim terbesar merayakan dan menyambut datangnya hari kemenangan ini dengan meriah. Selain itu ada berbaga tradisi yag harus ada yang kayaknya bakal kurang afdol kalau ditinggalin yaitu :

             a. Ketupat
           
Ini nih tampang dari ketupat yang umumnya dibuat para orang2. berisi beras yang di balut dengan daun kelapa yang masih muda atau biasa disebut janur di jawa. Makanan ini merupakan makanan wajib pada saat idul fitri. Nah, Tradisi lain yang berhubungan dengan ketupat ini adalah biasanya kita sering memberikan ketupat ini ke sanak saudara sebagai simbol persaudaraan. Tapi memberikannya gak boleh sembarang hari, Kalau menurut tradisi jawa, kita memberikan tepat hari ketujuh Lebaran atau biasa disebut dengan Hari Raya Ketupat.



             b. Semur
 enakkkk..... enakkk.... ini dia teman si ketupat.. Semur daging yang cara mengolahnya lumayan mudah. Sebenarnya teman si ketupat gak hanya semur yang terbuat dari daging tapi yang paling familiar di lidah sih ya semur daging. Kalau menurut si penulis enak kalau pake sayur tahu. Kalau menurut kalian????

            c. Petasan
 ini juga yang merupakan salah satu tradisi. Mainan petasan, kembang api, dkk. Rasanya aneh kalau gak ada suara yang bikin jantung copot di suasana lebaran ini. meskipun sudah dilarang oleh pemerintah tapi konsumen tetep aja nyari mainan ini. Jadi tak jarang para penjual mainan jenis ini kejatuhan banyak order pada bulan Ramadhan hingga Bulan Syawal (Lebaran)

          d. Mudik
 muddddiiiiiiiiiiiiiiikkkkkkkkkkkkkkkkk............. Sebagian besar warga kota besar pasti sering melakukan hal ini dan uniknya ini hanya dilakukan oleh orang Indonesia saja lhoo... Tapi sayangnya... Tradisi ini juga tak jarang memakan korban karena juga kurang persiapan jauh hari sebelum mudik. So, jika ingin mudik pastikan semua keperluan sudah siap ya.... :)

        e. Baju baru
 ...Baju baru alhamdulillah, tuk dipakai di Hari Raya, Tak punya pun tak apa-apa, msih banyak baju yang lama....
Do you remember that song??? Kayaknya sepele tapi ternyata ini merupakan hal yang penting juga loh... Jadi jangan heran kalau pada hari Ramadhan hingga lebaran toko baju pada penuh sesaaaakkkkk......
       
            f. Uang Lebaran
 hayyyooooooooooo..... Ini yang paling ditunggu sama si bujang, si buyung dan si upik. Saat nya penebalan dompet.... $_$ hehehe... becanda... Biasanya para orang tua akan memberikan uang ebran pada anak kecil yang datang ke rumahnya saat Lebaran. Kalau menurutku, ini bertujuan agar si anak gak rewel saat bapak ibunya lagi silaturahmi... :)

              g. Halal bi Halal
 ini acara wajib dari yang wajib... *bingung* biasanya kita saling jabat tangan agar dosa kita terampuni satu sama lain. WAJIBBBBBB..... :) bagaimana tradisi Halal bi Halal di tempat kamu????

               h. Kue lebaran
 makanan Enak melimpahhhh.... berbagai macam kue dan snack disajikan. Harus Ada... Kue apa yang kalian suka??? :)

dan yang terakhir tapi buka terakhir adalah...................................

                i. Text lebaran
 Gak bisa ngucapin "Met Idul Fitri" secara langsung???? Ada kecanggihan bernama E-mail, SMS, atopun BBM ato mungkin juga ngirimin kartu lebaran lewat pos??? It's OK. Lebih mudah dan singkat,,,,


     Itu tadi 9 poin hal yang jadi tradisi di Indonesia saat Lebaran atau menjelang lebaran. So,,, What's Yours???? :)